Selasa, 02 Februari 2016

Ulang Tahun Si Emak



2 Februari 2016


55. Usia yang banyak. Mama hari ini ulang tahun. Anak-anak tidak ada yang lagi di dekatnya. Tapi, tak apa, sudah biasa begitu sejak beberapa tahun terakhir.

Di keluarga kami, pernah ada candaan bahwa setiap kali ada yang berulang tahun, Mama pasti sibuk masak makanan enak, bahkan bikin kue tart segala. Tapi, jika Mama yang ulang tahun, siapa yang harus masak? Hahaha. Saya anak perempuan satu-satunya pun belum bisa masak selihai itu untuk bikin “makanan enak”.

Di usianya yang ke-55 ini, doa saya buat Mama selalu sama seperti setiap harinya. Semoga ibu saya yang ajaib ini selalu sehat dan berbahagia. Semoga ia tidak sedih dan kesepian walaupun sendirian. Semoga ia menemukan penghiburan dan kebahagiaan dari orang-orang yang ditemuinya, dari hal-hal yang diperbuatnya.

Sudah beranjak tua begini, Mama malah harus jadi anak kos gara-gara pekerjaannya di kabupaten yang berbeda dari lokasi rumah kami. Kami anak-anaknya sempat keder dan khawatir juga mengingat si emak satu ini tukang mabuk perjalanan parah semasa ada Bapak dulu. Tiap kali mudik ke Lampung atau perjalanan lintas provinsi lainnya, Mama selalu muntah-muntah, tapi tetap sanggup mengurusi anak-anaknya yang juga mabuk. *keplok-keplok (Kalo saya yang mabuk, sudah jelas langsung die. Nggak bisa makan apa-apa, nggak bisa berbuat apa-apa). Eh tapi nyatanya, pengalaman setiap minggu harus bolak-balik menumpang mobil untuk pulang ke rumah dan berangkat ke kantor menempa fisiknya. Hehe. Sekarang Mama tidak mabukan. Wakakakak.

Sekarang Mama juga sering banget curi-curi kesempatan untuk mampir ke Jogja atau Jakarta (sudah membuat niat juga untuk ke Bandung) di sela-sela tugas kerjanya. Ya maklumlah, anak-anaknya sudah tidak di rumah semua. Di kesempatan-kesempatan kilat dan singkat itu, semoga kami bisa bikin Mama senang dan mengembalikan semangat buat ngapa-ngapain di Bengkulu sana, ya. Hehehe.


Selamat ulang tahun, Simbok! Semoga bahagia selalu. Amin!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar