nostalgia

tepat setahun yang lalu, aku baru tiba di yogyakarta untuk memulai pendidikanku di universitas. malam itu di dalam mobil yang melaju ke rumah saudara yang akan kutinggali selama seminggu, aku bersama ibuku memandangi jalanan kota yang selalu menghadirkan rindu itu. lampu-lampu berkelip, kesibukan kota terus berjalan, khas yogyakarta. setahun yang lalu aku meninggalkan rumah dan kampung halaman tempat aku tumbuh besar untuk memboyong niatku meneruskan pendidikan. malam ini, ketika berjogrok di rumah sendiri, aku kembali mengenangkannya.

besok, aku akan kembali lagi ke jogja. menunaikan tugas dan tanggung jawab yang kutangguhkan sejenak karena kebutuhan menghadiri wisuda abangku satu-satunya. hampir sebulan aku beristirahat dari kesibukanku di rumah yang hangat ini. malam ini rumah kosong, anggota yang lain sedang punya kesibukan masing-masing.

beginilah setiap kali aku akan meninggalkan kota ini dan kembali pada rutinitas kuliah di jogja. perasaan berat dan hampir tidak ikhlas selalu bercokol karena belum puas melepas rindu pada rumah yang kudiami 18 tahun ini. sebulan penuh kuhabiskan dengan berkutat di rumah, tidak beraktivitas di luar jika tidak benar-benar perlu atau terpaksa. aku merindukan rumah ini beserta isinya. rumah yang selalu hangat. rumah yang akan membawaku pada kelegaan ketika berteduh di kala hujan deras di luar. tempatku bergelung menikmati sejuknya hujan sambil kadang berbincang dengan orang tua dan saudara mengenai jalannya hidup. rumah yang mengingatkanku akan indahnya masa kecil yang kemudian selalu akan membuatku mendaraskan syukur tak henti untuk keluarga luar biasa ini.

(jangan nangis dong)

besok, aku akan kembali meninggalkan keluargaku di sini. kembali berjuang sendirian mengatasi kesepian di kamar kecil yang menjadi tempat tinggalku di jogja. tapi, inilah perjuanganku. aku tahu ini berat, tapi aku telah memilihnya. sekarang ini adalah tanggung jawabku untuk menyelesaikan apa  yang telah aku mulai. semua ini untuk kebanggaan dan kebahagiaan kalian semua, keluargaku.

Tuhan, kuatkan aku. aku akan selalu merindukan semua ini. semoga rindu ini akan selalu terobati dengan keyakinan bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer